Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 1, No 2 (2018): July 2018

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Menggunakan Model PBL Berbasis Media Realistik

Siti Khayroiyah (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Jalan Garu No. 93 Medan, Sumatera Utara, 20147, Indonesia)
Ramadhani Ramadhani (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Jalan Garu No. 93 Medan, Sumatera Utara, 20147, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika menggunakan model PBL berbasis media realistik dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksankan di SMP Muhammadiyah 25 Rantauprapat tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini terbagi dua kelas, kelas ekperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, siswa menggunakan model PBL berbasis media realistik dan kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Dalam menganalisis penelitian ini menggunaka uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini di peroleh t hitung = 3,97 dan t tabel = 2,00. Karena t hitung > t tabel, maka peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan model PBL berbasis media realitik lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...