Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 3, No 1 (2020): January 2020

Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Belajar Matematika

Dedy Juliandri Panjaitan (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Dewi Nur Hasanah (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan belajar matematika. Artikel ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Instrument yang digunakan angket untuk motivasi dan soal tes uraian untuk hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dengan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t untuk motivasi belajar matematika dimana diperoleh  sebesar  dan  sebesar  ini berarti  dan untuk hasil belajar matematika siswa dimana diperoleh  sebesar  dan  sebesar  ini juga berarti , maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh musik mozart sebagai pengiring pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi dan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...