Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektivitas lembar kerja siswa berbasis scientific approach yang dikembangkan, (2) mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang lembar kerja siswa, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat efektivitasnya. Uji coba lapangan dilakukan pada siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah siswa, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Dari hasil pengembangan ini di peroleh bahwa: (1) lembar kerja siswa berbasis scientific approach yang dikembangkan valid tetapi belum efektif dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan lembar kerja siswa yang dikembangkan berdasarkan hasil uji coba lapangan yang dilakukan belum tercapai
Copyrights © 2018