Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 1, No 2 (2018): July 2018

Pengaruh Model Pembalajaran Kooperatif Tipa Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Swasta Swadaya Batang Serangan

Dira Puspita Sari (Jurusan Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budidaya Binjai. Jalan Gaharu No. 147, Binjai, Sumatera Utara, 20746, Indonesia.)
Lilis Saputri (Jurusan Pendidikan Matematika, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Budidaya Binjai. Jalan Gaharu No. 147, Binjai, Sumatera Utara, 20746, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhpemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsawdengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa VII MTs Swasta Swadaya yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan  dengan pengajuan hipotesis dilakukan dengan statistik uji-T. Dimana hasil Pretes thitung yaitu 0,019 ttabel  dengan  taraf signifikansi (α) = 0,05 yaitu 1,671 dan Posstes thitung yaitu 3,311 yang lebih besar dibandingkan dengan nilai ttabel  dengan  taraf signifikansi (α) = 0,05 yaitu 1,671 (3,311 >1,671) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pendekatan matematika realistik memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan uji regresi linier sederhana dengan hasil thitung yaitu 0,96 yang lebih besar dengan nilai ttabel Dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan df 30 yaitu 1,70 (0,96 > 1,70) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pada taraf sinifikan 5% (0,05) terdapat hubungan yang signifikan antara Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...