Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kevalidan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual, (2) Kepraktisan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual dan (3) Keefektifan bahan ajar matematika yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Bahan ajar matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku guru dan LKS (Lembar Kegiatan Siswa). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan disseminate. Hasil penelitian diperoleh bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan layak digunakan. Kepraktisan dilihat dari hasil lembar observasi keterlaksanaan bahan ajar matematika, respon siswa terhadap bahan ajar matematika berada di atas 80%. Keefektifan dilihat dari uji coba lapangan dengan nilai ketuntasan hasil belajar sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik dan aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran
Copyrights © 2019