Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 5, No 1 (2022): January 2022

Gambaran Soft Skill Mahasiswa Ditinjau Dari Penerapan Pembelajaran Hibrida

Cut Latifah Zahari (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk untuk menghasilkan kajian mengenai soft skill ditinjau dari pembelajaran yang diberikan pada mahasiswa, yaitu model pembelajaran hibrida (PH) dan konvensional (PK) serta kemampuan awal matematis (KAM). Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika di Universitas Muslim Nusantara (UMN). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa regular semester tujuh. Instrumen yang digunakan terdiri dari skala soft skill. Dari penelitian ini kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan peningkatan dan pencapaian soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH dan PK; (2) Pada KAM tinggi, peningkatan soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH tidak lebih baik daripada siswa yang mengikuti PK, tetapi pencapaian soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti PK; (3) Pada KAM sedang, peningkatan dan pencapaian soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti PK; (4) Pada KAM rendah, peningkatan dan pencapaian peningkatan soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH tidak lebih baik daripada siswa yang mengikuti PK, tetapi pencapaian soft skill mahasiswa yang mengikuti model PH lebih baik daripada mahasiswa yang mengikuti PK

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...