Peningkatan mutu layanan merupakan salah satu faktor penunjang untuk memenangkan persaingan global yang semakin kompetitif di dunia perhotelan. Keterampilan komunikasi, khususnya berbicara menjadi tuntutan agar sebuah hotel memiliki citra yang baik di hadapan konsumen. Namun demikian, tidak semua hotel memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan komunikasi wicara yang cakap. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris, khususnya keterampilan berbicara bagi karyawan di hotel Mexolie, Kebumen. Metode pelatihan dilakukan dengan cara ceramah, demonstrasi, dan role playing. Tema pelatihan mencakup layanan perhotelan and penanganan keluhan. Peserta pelatihan terdiri atas 10 orang karyawan dari departemen front office dan house keeping. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan karyawan dalam keterampilan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata nilai pretes yaitu 58.8 sedangkan nilai rata-rata postes diperoleh 75.6. Pelatihan ini telah berjalan efektif karena dapat meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan hotel Mexolie, Kebumen sehingga mendukung peningkatan profesionalitas pelaksanaan tugas sehari-hari di tempat kerja. Sebagai tindak lanjut, disarankan agar pihak hotel dapat mengadakan English zone untuk membiasakan karyawan menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kerja.
Copyrights © 2022