Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengetahui validitas media pembelajaraninteraktif berbasis Augmented Reality pengenalan perangkat keras (2) mengetahuikemudahan dan kemenarikan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Realitypengenalan perangkat keras. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Reaserchand Development. Penelitian pengembangan media pembelajaran Augmented Realityterdiri dari empat tahap yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan. Hasil uji kevalidanahli media yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa media pembelajaranAugmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken’s V 0,857 dan kevalidanahli materi yang diujikan kepada 2 ahli menunjukkan bahwa media pembelajaranAugmented Reality dinyatakan sangat valid dengan nilai Aiken’s V 0,968. Selanjutnya hasiluji kemenarikan dan kemudahan yang diujikan kepada 30 peserta didik kelas X programkeahlian Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 7 Bandarlampung didapatkan hasilskor kemenarikan 3,26 dengan kategori sangat menarik dan hasil kemudahan didapatkanhasil skor 3,3 dengan kategori sangat menarik. Media pembelajaran Augmented Realityyang dikembangkan perlu ada tindakan lebih lanjut untuk mengetahui kelayakan yang diuji cobakan ke peserta didik untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran
Copyrights © 2021