Jurnal Ilmiah Al-Hadi
Vol 7 No 2 (2022): Januari - Juni

PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Harahap, Muhammad Yunan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian bertujuan menjelaskan Interaksi edukatif sebenarnya adalah komunikasi timbal balik antara pihak yang satu dengan pihak yang lain, sudah mengandung maksud maksud tertentu. Yakni untuk mencapai pengertian bersama yang kemudian untuk mencapai tujuan. Interaksi edukatif yang harmonis antara pendidik dan peserta didik sangat memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Namun kenyataannya, persoalan interaksi edukatif dewasa ini kurang mendapat perhatian stakeholder atau orang- orang yang terlibat dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk:1. Mengetahuiabagaimana hakikat interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik. 2. Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik. Adapun metode yang di gunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif melalui pendekatan kajian pustaka. Hasil dari penelitian menunjukkan 1. bahwa interaksi edukatif dalam peroses pembelajaran begitu urgen untuk di terapkan oleh pendidik dan peserta didik. 2. Perlu pemahaman yang sempurna bagi guru dalam menerapkan interaksi edukatif terhadap peserta didik. 3. Kajian kajian tentang interaksi edukatif harus terus di kembangkan demi terjaganya hubungan batin antara pendidika dan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alhadi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Al-Hadi is a scientific publication that efforts to facilitate academic articles and scholarly writings of a number studies in empirical research in the field of Islamic Studies. Jurnal Ilmiah Al-Hadi is open to academics, students, researchers, and practitioners who are interested in ...