Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe STAD terhadap hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs yang ada di Bone Bolango pada tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control design. Tehnik sampling yang digunakan yaitu cluster ramdom sampling, dengan kelas VII.A sebagai sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar eksperimen 66,29 sedangkan kelas kontrol 44,81. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homagen. Hasil uji-t diperoleh thitung = 3.05 > ttabel = 1.690 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD terhadap hasil belajar fisika pada materi suhu dan kalor.
Copyrights © 2022