Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA

Maria Yunita Bude (Universitas Negeri Manado)
Joni Junius Loho (Universitas Negeri Manado)
Nontje Jultje Pangemanan (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model genius learning dalam menulis teks anekdot (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas X IPS 3 dengan penerapan model pembelajaran genius learning. Manfaat penelitian ini adalah, diharapkan memberikan manfaat untuk meningkatkan menulis siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano dengan menerapkan model pembelaaran genius learning. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode yang secara khusus memusatkan perhatian pada pemecahan masalah aktual yang terjadi di masa kini, dengan menggunakan teknik penelitian observasi, wawancara dan sesi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa menulis teks anekdot dengan menggunakan pembelajaran genius learning siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Tondano belum memadai jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan oleh sekolah 23 siswa atau setara yaitu 75 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...