de-lite
Vol 2, No 1 (2022): July 2022

Mempengaruhi Emosi Penonton Melalui Penerapan Color Psychology Dalam Merancang Visual Adegan Film

Wahyuni, Fenny (Unknown)
Heryanto, Naldo Yanuar (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Narasi cerita yang disampaikan melalui teks dapat memberikan informasi secara detail mengenai perasaan yang sedang dihadapi oleh seorang karakter, sedangkan cerita melalui visual seperti film terkesan sangat sulit untuk menyampaikan informasi seperti demikian karena keterbatasan dalam berdialog dan adanya jarak antara penonton dengan layar film. Tujuan dari jurnal ini yakni untuk mencari tahu apakah color psychology, jika diterapkan pada adegan film, dapat memberikan dampak pada emosi penonton sehingga secara tidak langsung mampu membuat penonton merasakan perasaan seorang karakter pada film. Dari hasil kuesioner yang telah dijawab oleh 38 orang, dapat disimpulkan bahwa penerapan color psychology bisa mempengaruhi perasaan pengamat. Studi ini berkontribusi untuk memberikan pengetahuan penting khususnya kepada para perancang visual untuk menciptakan film yang lebih bermakna dan lebih kuat secara emosional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

DE-LITE

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

de.lite Journal of Visual Communication Design Study and Practice is a peer reviewed billingual journal that focuses on the foundational discussion of visual communication design. The journal is published by the Department of Visual Communication Design of Universitas Pelita Harapan, and managed by ...