Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 1 No. 8: April 2022

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN FLANNEL PADA KELOMPOK B BUSTANUL ATHFAL ‘AISYIYAH BEJI TULUNG KLATEN

Umi Faizah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Setyoadi P (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)
Eni Ma’rifah (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2022

Abstract

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan flannel di Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji, Tulung, klaten dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan dalam membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan media papan flannel.Rumusan masalah : 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan flannel pada anak kelompok B Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji Tulung Klaten?, 2) bagaimana peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media papan flannel pada anak kelompok B Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji Tulung Klaten? Pendekatan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen, yaitu planning (perencanaan), acting (tindakan), observing (observasi) dan reflecting (refleksi). Teknik pengambilan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitiannya adalah anak didik Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji Tulung Klaten yang berjumlah 27 anak. Sumber data pendukung penelitian berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan, dengan target pencapaian rata-rata 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media papan flannel pada anak kelompok B Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji, Tulung Klaten dengan tahapan: a) mengajarkan dan menyampaikan pengenalan huruf-huruf hijaiyah dengan bermain, b) Melibatkan guru dalam kegiatan pengenalan huruf-huruf hijaiyah, c) Memberikan motivasi dan reward pada anak atas apa yang anak capai; 2) Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media papan flannel pada anak kelompok B Bustanul Athfal ‘Aisyiyah Beji, pada pra siklus diperoleh hasil 59,88%, siklus 1 sebanyak 68,67% dan siklus II sebanyak 87,78% jadi peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah mengalami peningkatan sebanyak 27,90%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...