Proceedings of the International Conference on Literacy and Education
Vol 2 No 1 (2022): Proceedings of The 2nd International Conference on Literacy and Education

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV): kemampuan berpikir kritis siswa, SPLDV

HERLINA FRISKA EKA HERLINA FRISKA EKA (IKIP PGRI PONTIANAK)
Dwi Oktaviana (Unknown)
Rahman Haryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa adalah kemampuan yang wajar dan efektif yang berfokus pada pemusatan apa yang harus dilakukan, yang memiliki beberapa indikator kemampuan berpikir kritis anatara lain: interperensi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang tujuannya adalah untuk mengetahui tinggi, sedang, atau rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada materi SPLDV. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak. Pengolahan data yang dilakukan pada sebuah penelitian ini adalah dengan cara memberikan soal tes uraian kemampuan berpikir kritis siswa yang memuat 4 indikator dan menghitung nilai rata-rata siswa. Hasil rata-rata soal tes urainnya adalah 68,75. Kesimpulannya adalah daya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 2 Pontianak adalah kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

icoled

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Welcome to Proceedings of the International Conference on Literacy and Education (ICOLED). The proceedings are a collection of papers presented at the International Conference on Literacy and Education organized by English Language Education Department, Faculty of Language and Arts, IKIP PGRI ...