Tameh : Journal of Civil Engineering
Vol 10 No 2 (2021): December

Pengaruh Angin Terhadap Tata Letak dan Jumlah Sekrup Konstruksi Baja Ringan Berdasarkan SNI 7971 2013

Mahdi Syahbana (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Agustiar Agustiar (Universitas Muhammadiyah Aceh)
Lindawati Lindawati (Universitas Muhammadiyah Aceh)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Material baja ringan dalam dunia konstruksi mengalami perkembangan pesat. Namun masih banyak terjadi kegagalan konstruksi pada baja ringan sehingga mengalami kerugian. Kegagalan struktur baja ringan banyak terjadi pada bagian sambungannya. Alat sambung pada baja ringan biasanya adalah sekrup (selfdrilling screw). Lokasi penelitian adalah pada Gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh. Permasalahan pada penelitian ini adalah melihat tata letak dan jumlah sekrup pada struktur atap baja ringan yang dilakukan untuk setiap batang sesuai aturan, melihat pengaruh angin terhadap tata letak dan jumlah sekrup pada struktur atap baja ringan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tata letak dan jumlah sekrup pada struktur atap baja ringan. pada struktur atap baja ringan. Standar perencanaan yang digunakan dalam perencaanan struktur baja ringan yaitu menggunakan ketentuan SNI 7971 2013 dan standar perencanaan pembebanan menggunakan SNI 03 1727 1989. Langkah-langkah perhitungan menggunakan metode Load Reristance Factor Design untuk perencanaan struktur baja yang diatur dalam SNI 03 1729 2002. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah dan tata letak sekrup berbeda dengan yang didapatkan di lapangan. Dari perhitungan yang didapatkan nilai rekap beban mati dengan nilai maksimum 123,07  kg,  beban  hidup  dengan  beban  maksimum 301,6 kg, untuk     beban  angin  tekan  dan angin hisap dengan beban maksimum 180 kg. Diperoleh nilai gaya desain maksimum sebesar 1241,33 kg dan untuk nilai tahanan tumpu baut sebesar 256,752 kg. Jumlah sekrup didapatkan dimana nilai gaya desain dibagi dengan nilai tahanan tumpu, pada masing-masing batang 1, 2, 3, 4 dan 5 sekrup. Sedangkan untuk masing-masing batang yang dilapangan menggunakan 3 buah sekrup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tameh

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Engineering Environmental Science Transportation

Description

Tameh merupakan Jurnal online yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal Tameh berkomitmen untuk kemajuan pengetahuan ilmiah dan temuan penelitian dari karya ilmiah. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian yang ...