Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 3: Januari 2022

PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH

Susilo Surahman (UIN Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Pendidikan merupakan sarana dalam membangun pengetahuan serta menanamkan berbagai nilai yang diperlukan dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran tematik integratif sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pojok Widodaren Ngawi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep PTK banyak digunakan pada pelaksanaan pembelajaran tematik integratif, khususnya pada jengan SD/MI, mengingat terdapat proses perbaikan didalamnya. Sementara itu konsep pembelajaran tematik integratif yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah mengadopsi Model Stringer, dimana didalamnya mengimplementasikan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) dengan menfokuskan diri pada aktivitas melihat (look); berpikir (think); dan melaksanakan (act). Pembelajaran tematik integratif secara legalitas telah mendapat dasar hukum melalui Permendikbud. Dengan dasar legalitas yang kuat terhadap pembelajaran tematik integratif diharapkan lembaga pendidikan mampu mengoptimalkan pembelajaran serta diharapkan tidak memunculkan potensi permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dikemudian hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDSH

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Educational and social ...