Pendidikan merupakan sarana dalam membangun pengetahuan serta menanamkan berbagai nilai yang diperlukan dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran tematik integratif sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pojok Widodaren Ngawi Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep PTK banyak digunakan pada pelaksanaan pembelajaran tematik integratif, khususnya pada jengan SD/MI, mengingat terdapat proses perbaikan didalamnya. Sementara itu konsep pembelajaran tematik integratif yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah mengadopsi Model Stringer, dimana didalamnya mengimplementasikan Peneltian Tindakan Kelas (PTK) dengan menfokuskan diri pada aktivitas melihat (look); berpikir (think); dan melaksanakan (act). Pembelajaran tematik integratif secara legalitas telah mendapat dasar hukum melalui Permendikbud. Dengan dasar legalitas yang kuat terhadap pembelajaran tematik integratif diharapkan lembaga pendidikan mampu mengoptimalkan pembelajaran serta diharapkan tidak memunculkan potensi permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dikemudian hari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022