Tujuan penelitian pengembangan untuk dapat mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran googleclassroom dan zoommeeting pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui keefektifan serta meningkatkan hasil belajar siswa pada Pendidikan Agama Islam. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Riset and Developmen yaitu model pengembangan Borg&Gall yang terdiri dari delapan tahap. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 11 dan SMP Negeri 16 Kota Serang, pengumpulan data menggunaka angket, pedoman wawancara dan lembar observasi. Hasil peneliti ini adalah (1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan media pembelajaran googleclassroom dan zoommeeting; (2) produk pengembangan ini telah terbukti menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan validator, ahli materi sebesar 73,5%, ahli media sebesar 86,6%, dan tanaggapan siswa sebesar 88,1%. Adapun peningkatan hasil belajar ditunjukan dengan analisis data dari pretest dan posttest yang dilakukan dengan taraf kebenaran 95% diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 ˂ 0,05%, maka ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran
Copyrights © 2022