Abstract.The purpose of this study was to determine the effect of transformational leadership on organizational commitment of teachers at SMA Negeri X. The theory used is transformational leadership from [1] and organizational commitment theory from [2], [2]. The research method used in this study is a non-experimental quantitative method with data collection techniques using questionnaires. The subjects in this study were all teachers at SMA Negeri X, totaling 55 teachers. The transformational leadership measurement tool uses a scale adapted by [3] from the Mulltifactor Leadership Questionnaire (MLQ) developed [1] [4], the organizational commitment measurement tool uses a scale adapted by [5] from [2]. The results of this study indicate that the R Square value is 0.262, which means that this indicates that the transformational leadership behavior displayed by the principal has an influence on teacher organizational commitment by 26.2%. Abstrak.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh transformational leadership terhadap komitmen organisasi pada guru di SMA Negeri X. Teori yang digunakan transformational leadership dari [1] dan teori komitmen organisasi dari [2], [2]. Metoda penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda kuantitatif non–eksperimental dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Negeri X yang berjumlah 55 orang guru. Alat ukur transformational leadership menggunakan skala yang diadaptasi oleh [3] dari Mulltifactor Leadership Questionnaire (MLQ) yang dikembangkan [1] [4], alat ukur komitmen organisasi menggunakan skala yang diadaptasi oleh [5] dari [2]. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai R Square sebesar 0,262 yang artinya hal ini menunjukkan bahwa perilaku transformational leadership yang ditampilkan oleh kepala sekolah memberikan pengaruh terhadap komitmen organisasi guru sebesar 26,2%.
Copyrights © 2022