Proceedings of The ICECRS
Vol 8 (2020): Educational and Psychological Conference in the 4.0 era

Mathematics Anxiety in Class V SDN Kedungboto Porong

Mega Alvin Rifdayanti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Mahardika Darmawan Kusuma Wardana (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang memiliki indikasi cemas, tegang, dan takut pada saat pembelajaran matematika. Supaya indikasi ini menjadi jelas, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengungkapkannya. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan matematika dan faktor penyebab kecemasan matematika yang terjadi pada siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V sebanyak 11 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi. Instrumen yang digunakan ialah kuisioner. Dari hasil uji coba 25 pernyataan dalam kuisioner diperoleh 15 pernyataan yang dinyatakan valid dan 10 pernyataan dinyatakan tidak valid. Koefesien reliabilitas adalah 0,904. Data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan matematika pada siswa kelas V termasuk dalam kategori kecemasan matematika pada tingkat yang sangat tinggi. Kecemasn ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti psikologis sebagai penyebabnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

icecrs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

ICECRS (International Consortium of Education and Culture Research Studies) is a peer-reviewed international journal. This statement clarifies ethical behaviour of all parties involved in the act of publishing an article in this journal, including the author, the chief editor, the Editorial Board, ...