Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2015)

Penerapan Model Student Facilitator and Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu Kabupaten Toraja Utara.

Semuel Mawa' Ratu (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Tallunglipu jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas IV sebanyak 1 orang dan siswa Kelas IV SDN 5 Tallunglipu, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data, yaitu: teknik tes dan teknik non tes (wawancara, dan observasi). Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil tes siswa dari tahap siklus I ketuntasan belajar siswa 64,71% dan meningkat pada tahap siklus II dengan ketuntasan belajar mencapai 91,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN 5 Tallunglipu. Hal ini terlihat dari pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The Jurnal Keguruan dan Ilmu pendidikan (JKIP) publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational ...