Scolae: Journal of Pedagogy
Vol 4 No 1 (2021): Vol 4 No.1 Juni 2021

IMPLEMENTASI METODE RESITASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS

M Iksan Kahar (Unknown)
Nur Eka Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2021

Abstract

Penelitian Ini difokuskan di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong, rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui metode resitasi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu dengan menerapkan metode resitasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi aktivitas peserta didik, observasi aktivitas guru dan post test. Dalam menganalisis data hasil belajar pada aspek kognitif atau penguasaan konsep menggunakan analisis deskriptif dari setiap siklus dengan menggunakan nilai post test dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan selisih nilai pertemuan pertama dan pertemuan kedua untuk melihat peningkatan hasil belajar yang memperhitungkan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tinombala Kecamatan Ongka Malino Kabupaten Parigi Moutong tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dapat terlihat dari hasil post test peserta didik pada 3 siklus, yaitu pertama, pra siklus memperoleh hasil dengan rata-rata 65,45 dan presentase ketuntasan sebesar 56,54%. Kedua, siklus 1 memperoleh hasil dengan rata-rata 72,27 dan presentase ketuntasan sebesar 77,27%. Ketiga, siklus 2 dengan rata-rata 82,27 dan presentase ketuntasan sebesar 95,27%.

Copyrights © 2021