Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi (FIPA)
Vol 7, No 2 (2019): FIPA 13

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SMK YYY WONOASRI

Ulfa Norria Amalia (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun)
Elva Nuraina (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun)
Nur Wahyuning Sulistyowati (Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2020

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar akuntansi SMK YYY Wonoasri. Metode penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis data statistik deskripsif dan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua dan minat belajar memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa sedangkan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dikarenakan teman sebaya cenderung mempengaruhi perilaku siswa, sedangkan kognitif siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan perhatian yang berkaitan dengan pendidikan siswa seperti perhatian orang tua dan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini berhubungan dengan variabel prestasi belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

FIPA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The proceedings contain papers in the field of accounting science and education that have been presented in Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi or Scientific Forum on Accounting Education (FIPA). This forum not only contains paper presentations, but also seminars with competent speakers in accounting ...