Calon akuntan pendidik seharusnya merupakan individu yang berintegritas, jujur dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai alasan mahasiswa pendidikan akuntansi untuk melakukan titip presensi kehadiran perkuliahan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan dan wawancara terbuka dan mendalam. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa budaya titip presensi kehadiran perkuliahan terbentuk karena adanya kekompakan mahasiswa. Alasan lain yang membentuk adalah adanya aktivitas lain salah satunya Magang 3 (PPL), dan ketidaktertarikan belajar dikelas. Beberapa tindakan sudah dilakukan oleh beberapa dosen seperti presensi satu per satu, serta membuat kesepakatan mengenai titip presensi di kontrak kuliah. Beberapa tema yang didapatkan antara lain alasan saling titip presensi, dampak titip presensi versi mahasiswa penitip, resiko titip presensi versi mahasiswa dititipi, kondisi kelas, dan budaya titip presensi di kelas. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu menyadarkan mahasiswa bahwa budaya titip presensi merupakan budaya yang tidak baik dan harus dihentikan
Copyrights © 2021