AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 20, No 1 (2019): AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra

Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Estuning Dewi Hapsari (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Membaca merupakan keterampilan berbahasa yang wajib dikuasai  oleh siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah (MI). Hal tersebut dikarenakan hampir semua buku teks menuntut siswa untuk dapat membaca. Siswa yang tidak dapat membaca akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Siswa kesulitan dalam memahami perintah serta materi di dalam buku teks.  Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research).  . Penelitian dilakukan di MI Plus Al Islam Dagangan tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis data penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data proses dan data hasil. Data proses dijadikan alat untuk mengukur kualitas proses pembelajaran. Sedangkan data hasil digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan membaca permulaan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Peningkatan ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 51,25,siklus II 71 dan siklus III sebesar 75,8. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aksara

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra (Journal of Linguistics and Literature) is a biannual journal (April and October) published by the Department of Language and Arts Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. It addresses a wide range of different fields in ...