SITTAH: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 2 (2021): SITTAH: Journal of Primary Education

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU UNTUK KELAS IV MI

Siti Latifah (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Muflikhul Khaq (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)
Suyoto Suyoto (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis HOTS pada subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku sebagai buku pendamping siswa kelas IV MI Al-Huda Kebonsari. Penelitian ini menggunakan penelitian penembangan R&D (Research and Development), dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Al-Huda yang berjumlah 14 siswa. Dari 14 siswa tersebut digunakan untuk uji coba terbatas (4 siswa) dan luas (10 siswa). Proses kelayakan modul ini diperoleh dari hasil analisis data kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media. Berdasarkan penilaian dari ahli media terhadap modul pembelajaran berbasis HOTS, diperoleh hasil rata-rata 3,37 atau > 2,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik dan penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,00 atau 3,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Dari kedua hasil ahli media dan ahli materi dapat diperoleh rata-rata sebesar 3,68 atau > 3,50 atau dikategorikan sangat baik. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa terhadap keterbacaan menggunakan modul pembelajaran berbasis HOTS. Kepraktisan dalam uji coba terbatas menghasilkan 3,53 atau > 2,50 sehingga masuk dalam kategori praktis dan kepraktisan uji coba luas, menghasilkan 3,68 atau > 3,50 masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran berbasis HOTS dinyatakan sangat layak dan sangat praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sittah

Publisher

Subject

Education

Description

SITTAH: Journal of Primary Education covers the study of Islamic Education worldwide, especially at the primary school level or Madrasah Ibtidaiyah. The study should aim at gaining some new knowledge in the scope of Islamic Education or gaining any developmental advantages as these topics below: ...