Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan model Somatic Auditory Visualitazion Intelectually (SAVI) lebih baik dari pada siswa yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung/biasa, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rengasdengklok Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode yang digunakan yaitu ekperimen kuasi dengan desain noneequivalent pretest-posttest control grup desain yang melibatkan 60 siswa sebagai sampel yang terbagi dalam 2 kelas yaitu VIIB ( N = 30) dan VIIC ( N = 30). Penentuan sampel menggunakan purposive Sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Somatic Auditory Visualitazion Intelectually (SAVI) (M= 68,068, SD= 8.061) lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung/biasa dengan (M= 59,738 SD= 10.395), pada z = -3,116 sig < = 0,05. Dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model Somatic Auditory Visualitazion Intelectually dengan (M= 0,636, SD = 0,089) lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (M= 0,539 SD= 0,121), pada z = -3,475, sig < = 0,05.Kata kunci: Model SAVI, dan Kemampuan Representasi Matematis.
Copyrights © 2021