Prosiding Sesiomadika
Vol 2 No 1d (2020)

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Fitri Alfionita (Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nita Hidayati (Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Adapun subjek yang diambil untuk penelitian ini adalah 16 siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Karawang Barat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis yang diberikan sebanyak 4 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan tes uraian yang dilakukan yaitu kategori cukup sebanyak 2 siswa pada interval skor  dengan persentase 12,5%; kategori rendah sebanyak 3 siswa pada interval skor  dengan persentase 18,75%; dan kategori sangat rendah sebanyak 11 siswa pada interval skor  dengan persentase 68,75%. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulannya adalah kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas IX di salah satu SMP Negeri Karawang Barat termasuk kategori sangat rendah. Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa dikatakan sangat rendah karena tidak terpenuhinya semua indikator kemampuan penalaran matematis. Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Penalaran Matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sesiomadika

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang (SESIOMADIKA) merupakan event rutin tahunan pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Pada tahun 2020 ini merupakan periode ke-4 dalam penyelenggaraan event tersebut. ...