Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 6, No 1 (2018)

KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI SCIENTIFIC APPROACH

Dolfina Costansah Koirewoa (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
14 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang 1) keterlaksanaan pendekatan saintifik  dalam pembelajaran kimia, serta 2) kompetensi pedagogik yang dibutuhkan oleh seorang calon guru melalui keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menerapkan model kesenjangan. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian dokumen terhadap 11 mahasiswa PPL dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) keterlaksanaan pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi (64,3% ), dan  2) mahasiswa PPL program studi pendidikan kimia Universitas Cenderawasih telah memiliki kompetensi pedagogik yang diterapkan melalui keterampilan dasar mengajar diantaranya: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan menyusun skenario/tahapanpembelajaran, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi dan keterampilan melakukan evaluasi. Kata Kunci : kompetensi pedagogik, keterampilan dasar mengajar, mahasiswa PPL, pendekatansaintifik 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan ...