Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADTOGETHER (NHT) TERHADAP MATERI PENCACAHAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI MANOKWARI

SERLANI BESLAR (Unknown)
TIURLINA SIREGAR (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh : Model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together (NHT) pada pembelajaran kaidah pencacahan terhadap keaktifan siswa. Model pembelajaran kooperatif type Numbered Head Together (NHT) pada pelajaran kaidah pencacahan terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen, analisa data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian  model pembelajaran (X) tidak memberikan pengaruh terhadap keaktifan siswa (Y1), pada pembelajaran kaidah pencacahan ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi hitung > 0,05 (Taraf 5%), persamaan regresi Y1=70.637 + 0,069X,   model pembelajaran (X) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar (y) signifikansi hitung < signifikansi tabel (Taraf 5%), 0,016 < 0,05 besarnya pengaruh model pembelajaran (X) terhadap hasil belajar  (Y2) adalah 0,178 tergolong sangat rendah ini berarti kontribusi variabel X terhadap Y adalah 17,8%, persamaan regresi Y2= 0,117 + 0,08X Kata Kunci: Model NHT, Keaktifan Siswa, Pencacahan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan ...