Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2021): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Analisis Kesulitan Guru dalam Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) Di SLB Dharma Wanita Makale

Irene Hendrika Ramopoly (Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Deselina Toding Bua (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Ada beberapa kesulitan yang dialami oleh guru tunagrahita misalnya tidak semua siswa dapat dengan mudah mengerti apa yang diajarkan oleh guru, karena kecerdasan mereka di bawah rata-rata, sulit memusatkan perhatian anak tunagrahita, dan berkomunikasi dengan siswa tunagrahita sulit karena kosa kata anak tunagrahita sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengidentifikasi komponen/faktor yang menjadi penyebab guru kesulitan dalam mengajar anak berkebutuhan khusus (tunagrahita), dan juga upaya yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi kesulitan yang dialaminya tersebut (tunagrahita). Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru, dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan informasi meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...