cover
Contact Name
Theresyam Kabanga
Contact Email
theresyam@ukitoraja.ac.id
Phone
+6282347822009
Journal Mail Official
elementaryjournal@ukitoraja.ac.id
Editorial Address
Kantor Pusat Jl. Jenderal Nusantara No.12 Bombongan, Makale Kabupaten Tana Toraja, Propinsi Sulawesi Selatan 91811 Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar- Universitas Kristen Indonesia Toraja
Location
Kab. tana toraja,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : 26220431     EISSN : 28291611     DOI : https://doi.org/10.47178/elementary
ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis Citasi Google Scholar Bahasa Indonesia Focus and Scope : Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar acknowledges varied approaches, disciplines, methodologies, and paradigms. It is concerned with elementary education in general with a particular attention to the improvement of pedagogical practices, curricular development, and theoretical perspectives. Open Access Statement : Elementary Journal : Junal Pendidikan Guru Sekolah Dasar opens access for all academics and education practitioners. All texts published in this journal are free to be accessed directly from the date of publication. We do not charge readers for downloading articles and reviews for their own scientific use. All authors who publish manuscripts in Elementary Journal : Junal Pendidikan Guru Sekolah Dasar accept this as a publication requirement.
Articles 129 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja Topanus Tulak; Tadius Tadius
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.133 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.401

Abstract

Penelitian difokuskan pada proses belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 137 Sampean dengan jumlah siswa 28 yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas yaitu dengan memberikan tes kepada siswa untuk memperoleh data hasil belajar dan data situasi proses pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan diperoleh melalui lembar observasi yang diamati selama proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 57,15% yang masuk dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai ketuntasan 89,3% yang masuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW), hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah atau Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 137 Sampean Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN 5 RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA reni lolo tandung
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.501 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), dengan pendekatan data deskriptif kualitatif. Subjekpenelitian adalah siswa kelas IV SDN 5 Rantepao Kabupaten Toraja Utara, yang berjumlah 21 orang. Penelitian terdiri dari 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, wawancara, dan observasi. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH).
PENERAPAN METODE LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN INPRES 308 RANTEKARUA KEC. BITTUANG KAB. TANA TORAJA theresyam kabanga
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.537 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.403

Abstract

Metode learning community adalah hasil pembelajaran diperoleh melalui kerjasama dengan orang lain, antarteman, antarkelompok, yang sudah tahu memberi tahu, yang belum pernah memiliki pengalaman membagi pengalamannya kepada orang lain, karena hakekat dari masyarakat belajar adalah masyarakat yang saling berbagi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah menelaah data, mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Untuk mengetahui keberhasilan penelitian, digunakan dua indikator yaitu, (1) indikator proses, tindakan dikatakan berhasil apabila pelaksanaannya mencapai 70% melalui data observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, (2) indikator hasil dikatakan berhasil apabila 80% dari keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar baik, melalui angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian pada indikator proses yang diperoleh melalaui penerapan metode learning community di kelas IV SDN 308 Inpres Rantekarua siklus I yaitu 66.6% dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II yaitu 76.92% dengan kategori baik. Sedangkan indikator hasil yang diperoleh dari angket motivasi belajar pada siklus I sebesar 74.8% dengan kategori motivasi tinggi, dan meningkat pada siklus II menjadi 81.55% dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi. Penerapan metode learning community pada akhirnya dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN 308 Inpres Rantekarua, Kecamatan Bittuang, Kabupaten Tana Toraja.
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 110 TALLUBORONGNA zatman payung
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.793 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.404

Abstract

Matematika realistik adalah suatu teori tentang pembelajaran matematika yang menjadikan matematika lebih real kepada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SDN 110 Talluborongna yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar siswa, dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: (1) pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 52,03% dengan ketuntasan 34,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 61,50% dengan ketuntasan 38,46%. (2) siklus II pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 80,65% dengan ketuntasan 84,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 89,62% dengan ketuntasan 92,30%. Dari hasil penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 110 Talluborongna pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POLITIK PADA PELAJARAN PKn KELAS VI DI SD KRISTEN RANTEPAO 5 KABUPATEN TORAJA UTARA Roberto Salu Situru
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.725 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.405

Abstract

Materi politik merupakan subbagian dari mata pelajaran pendidikan kewarganeraan yang termuat dalam materi pemilu dan demokrasi. Hasil observasi awal di kelas VI di SD Kristen Rantepao 5 Kabupaten Toraja menunjukkan kurangnya minat anak dalam pelajar pendidikan politik yang disebabkan pengunaan metode yang kurang tepat yaitu metode ceramah. Berdasarkan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian untuk meningkatkan pemahaman materi politik pada pelajaran PKn mengunakan metode role playing. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkat pemahaman politik siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil siklus kedua yang menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 85,12.
STRATEGI PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN BERCERITA UPAYA MEMUSATKAN PERHATIAN BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 190 LEMO MALIMBONG Mersilina Patintingan
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.295 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i1.406

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat di bidang teknologi dan informasi, memberi dampak pada perkembangan kejiwaan anak secara khusus pada konsentrasi anak dalam belajar. Salah satu peran guru adalah membangun apersepsi dan terus mengembangkan kreatifitas dalam menciptakan suasana pembelajaran yang terarah dan kondusif. Kegiatan bercerita adalah salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam menarik perhatian siswa guna membangun dan meningkatkan daya konsentrasi belajar siswa. Kegiatan bercerita ini dianggap mampu memberikan pengalaman interaksi yang beragam bagi anak untuk mengembangkan daya imanjinasi dan kreatifitas siswa yang dijadikan alat bantu guru dalam memusatkan perhatian mereka untuk mengikuti pembelajaran. Jenis Penelitiannya adalah penelitian kualiatatif yang berjenis metode Analisis Konsep. Penelitian ini dilakukan di SDN 190 Lemo Malimbong, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi dari penerapan strategi pembelajaran melalui kegiatan bercerita dalam mengawali proses pembelajaran yang berdampak pada meningkatnya konsentrasi belajar anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi mengenai pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan bercerita ini, digunakan dengan pendekatan memusatkan perhatian dan membuat catatan. Melalui tahap gerakan-gerakan isyarat melalui interaksi langsung dengan, yakni 2 sistem tersebut adalah isyarat visual; misalnya gerak tubuh dan ekspresi mimik, dan isyarat verbal meliputi naik- turunnya suara, lambatnya pengucapan butir-butir penting, dan pengulangan informasi penting.
Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara reni lolo tandung; Harmelia Tulak; Eky Setiawan Salo
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.029 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i2.497

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (i) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. (ii) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. (iii) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas III, IV dan V SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara yang berjumlah 18 siswa dan 18 orangtua siswa. Teknik pengambilan sampelnya adalah dengan teknik probality atau penentuanyang mana setiap bagian ditarik sampel sebagian siswa yang nilai prestasinya dalam kategori rendah dan kategori tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Kedua, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara. Ketiga,terdapat pengaruh positif secara bersama - sama antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas III, IV, dan V di SDN 3 Toraja Utara Kabupaten Toraja Utara.
Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar Tentang Kurikulum 2013 Maria Melani Ika
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.989 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i2.498

Abstract

Kurikulum 2013 telah mengalami revisi kembali pada tahun 2017. Tahun 2017 setiap sekolah diwajibkan untuk menggunakan kurikulum 2013, akan tetapi tidak untuk setiap kelas. Pemahaman guru yang baik tentang kurikulum 2013 bisa jadi menentukan persepsinya terhadap pemberlakuan kurikulum ini. Pengalaman guru dalam mengajar yang dilihat dari lamanya menekuni profesi ini bisa jadi ikut mempengaruhi persepsi guru dalam kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan persepsi guru Sekolah Dasar berdasarkan lama mengajar tentang kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi guru-guru Sekolah Dasar Xaverius Jambi yang berjumlah 24 guru yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan daftar cek. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan Analysis of Variance (ANOVA). Hasil pengujian diperoleh nilai Fhitung = 0,943 dengan nilai signifikansi 0,549, sedangkan untuk Ftabel pada taraf signifikansi 0,05 (95%) dengan numerator (jumlah kelompok sampel-1) = 13 dan denumerator (jumlah responden-kelompok sampel) = 10 = 2,67 (Susetyo, 2010:348). Hasil ini didukung oleh hasil perhitungan nilai Fhitung< Ftabel (0,943 < 2,67) dan nilai sig. < ? (0,549 < 0,05). Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan antara persepsi guru Sekolah Dasar Xaverius Jambi berdasarkan lama mengajar tentang kurikulum 2013.
Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas IIIA SDN Maguwoharjo 1 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Bonifatius Sigit; Maria Melani Ika Susanti
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.675 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i2.499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dalam upaya meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa kelas IIIA SDN Maguwoharjo 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI, dengan tahapan mengidentifikasi topik dan mengorganisir siswa ke dalam kelompok; merencanakan tugas-tugas belajar; melaksanakan investigasi/penyelidikan; menyiapkan laporan akhir; mempresentasikan laporan akhir;dan mengevaluasi pemahaman siswa dapat meningkatkan minat belajar dan kreativitas siswa. Peningkatan minat belajar siswa dari kondisi awal 53,45% dengan kategori minat sedang, meningkat menjadi 81,67% dengan kategori minat belajar sangat tinggi. Peningkatan kreativitas siswa dari kondisi awal 53,17% dengan kategori sangat kurang kreatif, meningkat menjadi 81,88% dengan kategori kreatif.
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Pada Siswa Kelas IV SDN 101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja theresyam kabanga; Topanus Tulak; Sarah Buli
Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Publisher : Publikasi dan UKI Toraja Press Universitas Kristen Indonesia Toraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.193 KB) | DOI: 10.47178/elementary.v1i2.500

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Setiap model pembelajaran mengarahkan kita ke dalam mendesain pembelajaran untuk membantu siswa sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada siswa kelas IV SDN 101 Makale 4 Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan, khususnya memberikan informasi berupa gambaran yang menyatakan bahwa dalam meningkatkan hasil belajar IPA dapat dilakukan melalui penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan teori pendukung bagi guru untuk meningkat kualitas pembelajaran. Pembelajaran Learning Cycle merupakan salah satu model pembelajaran kontruktivisme. Model pembelajaran Learning Cycle (pembelajaran bersiklus) yaitu suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam model pembelajaran ini guru dituntut untuk memotivasi siswa, sehingga ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 101 Makale 4 setelah pelaksanaan model Learning Cycle 5E dalam kegiatan pembelajaran. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I 63,45 dengan ketuntasan belajar 65%, dan nilai rata-rata siswa pada siklus II 81,47 dengan ketuntasan belajar 95%. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 101 Makale 4 dapat meningkat melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E.

Page 1 of 13 | Total Record : 129