Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2022): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Berbagai Kendala Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19

Haeriyatul Mona (Universitas Mataram)
Arif Widodo (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa pada saat belajar dan mengajar. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan disini adalah penelitian kepustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, sehingga pengumpulan informasi serta data didapatkan dengan teknik dokumentasi yaitu dengan pencarian data yang mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai sumber yang ada di perpustakaan diantaranya seperti buku, majalah, berita ataupun dukumen lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring adalah kurangnya pemahaman siswa ketika melakukan proses belajar daring, kurangnya akses internet sinyal bagi siswa yang bertempat tinggal didesa terpencil atau bisa dibilang pelosok. Hal ini dikarenakan siswa yang kurang paham dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru karena tidak bertatap muka langsung dan guru pun sulit untuk memantau perkembangan belajar siswa. Kendala yang lain juga terdapat seperti kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh siswa ketika belajar daring karena tidak semua siswa memiliki Smartphone ataupun komputer sebagai media pembelajaran ketika menggunakan daring, selain itu paket internet yang tidak bisa dijangkau oleh semua siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...