Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana strategi pemasaranyang digunakan PT.BPR-Syariah Renggali Takengon dalam mengomunikasikan Produk Pembiayaan PadaNasabah sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan dan apa sajafaktor pendukung strategi pemasaran PT.BPR-Syariah Renggali Takengon.Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara, observasi dandokumentasi, maka dihasilkan temuan penelitian yang menunjukkan bahwastrategi pemasaran yang digunakan PT.BPR-Syariah Renggali Takengondalam mengomunikasikan Produk pada nasabah yang mencakup tentang pendekatan dengan nasabah,perencanaan produk dan promosi. Faktor-faktor pendukung strategi pemasaranmencakup tentang pelayanan prima terhadap nasabah, lokasi yang mudahdijangkau, peningkatan SDM, mempunyai daya saing terhadap lembaga lain.Mengacu pada temuan tersebut, maka penelitian ini merekomendasikan tentang:1) Strategi pemasaran lebih ditingkatkan lagi supaya menjadi bank kepercayaankhususnya masyarakat yang berada di Kabupaten Aceh Tengah; 2) Melakukansosialisasi produk-produk PT.BPR-Syariah Renggali Takengon kepada masyarakatkhususnya produk pembiayaan hal ini dikarenakan tingkat pemahaman danpengetahuan masyarakat tentang murabahah masih rendah dan juga masih banyakyang belum mengerti dan salah faham tentang bank syari’ah dan mengagapnyasama saja dengan bank konvensional. Jadi bank harus melakukan pendekatanmelalui pondok-pondok pesantren, takmir-takmir masjid dan musholla, lembaga-lembagapendidikan, jamaah pengajian; 3) Melengkapi peralatan operasionaldengan teknologi yang canggih dan modern seperti ATM, sehingga nasabah bisamenarik dana dimana saja, jadi dengan hal ini bisa memberikan pelayanan kepadanasabah secara cepat dan lebih memuaskan, baik kepada nasabah pembiayaan ataupenabung.
Copyrights © 2017