Biram Samtani Sains
Vol 6 No 1 (2022): Maret : Biram Samtani Sains

Meningkatkan Kemampuan Guru SMAN dalam Menyusun Soal-Soal Ujian melalui Workshop di SMAN 10 Takengon Tahun Pelajaran 2018/2019

AS, Amru Bin (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2022

Abstract

Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar. Salah satu indicator yang menunjukan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut, ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap professional guru. Workshop ini dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November sampai dengan Desember 2018 sekaligus sebagai pengumpulan data Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru-guru SMAN 10 Takengon dengan jumlah 31 orang, objek penelitian terkait dengan penyusunan tes hasil belajar siswa. Sumber data berasal tes guru dalam menyusun soal mata pelajaran. Penelitian berlangsung dalam 5 kali pertemuan, 2 kali siklus dengan masing-masing: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Semua data terkumpul dianallisis dengan menggunakan deskriftif persentasi. Dan hasilnya adalah terjadi peningkatan yang cukup signifikan antara siklus I dan II. Sebaiknya, pengawas lebih sering melakukan bimbingan dan pengarahan kepada guru-guru dalam penyusunan tes dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru itu sendiri

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jbss

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Ilmu Sosial, Humaniora, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis. Jurnal ini menerbitkan Ilmu Sosial, Humaniora, Politik, Pendidikan, Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain ...