Guru merupakan faktor dominan dalam proses belajar mengajar. Salah satu indicator yang menunjukan bahwa seorang guru tersebut mampu menyusun tes telah banyak dilakukan seperti mengikuti penataran dan pelatihan lainnya. Dari hasil evaluasi terhadap kedua bentuk upaya tersebut, ditemukan belum banyak memberikan sumbangan terhadap professional guru. Workshop ini dilaksanakan oleh peneliti pada bulan November sampai dengan Desember 2018 sekaligus sebagai pengumpulan data Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian adalah guru-guru SMAN 10 Takengon dengan jumlah 31 orang, objek penelitian terkait dengan penyusunan tes hasil belajar siswa. Sumber data berasal tes guru dalam menyusun soal mata pelajaran. Penelitian berlangsung dalam 5 kali pertemuan, 2 kali siklus dengan masing-masing: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Semua data terkumpul dianallisis dengan menggunakan deskriftif persentasi. Dan hasilnya adalah terjadi peningkatan yang cukup signifikan antara siklus I dan II. Sebaiknya, pengawas lebih sering melakukan bimbingan dan pengarahan kepada guru-guru dalam penyusunan tes dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru itu sendiri
Copyrights © 2022