HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2021)

Metodologi David Hume (Empirisme) dalam Pemikiran Pendidikan Islam

Sari, Nurazila (Unknown)
Sangkot Sirait (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana metodologi David Hume (empirisme) dalam pemikiran pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data ini dengan cara analisis deskriptif, content analisys atau analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dari penarikan kesimpulan melalui metode yang bersifat literatur dengan jenis penelitian pustaka (library research) yaitu teori David Hume dalam pemikiran pendidikan Islam, ada pembenaran teori dengan kejadian yang telah terjadi berkaitan dengan mukjizat. Tetapi, juga ada pembantahan dari semua teori David Hume tersebut dengan melandaskannya pada Al-Qur’an. Tidak ada yang salah dari teori pemikiran David Hume, tetapi tidak semua bisa kita jadikan sebagai landasan. Salah satunya kritik Hume yang difokuskan pada agama, ini lebih banyak pemikiran Hume yang bertolak belakang dengan pendidikan Islam. Karena sesungguhnya dalam pendidikan Islam itu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadist.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HJIE

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aims and Scope The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research ...