HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 1 (2021)

Belajar Efektif dan Efisien untuk Problem Belajar Siswa yang Berprestasi Rendah

Khoiriyatul Muyassaroh, Iffah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap permasalahan yang dialami siswa SD, SMP dan SMA. Penelitian ini merupakan penelitian perpustakaan, dengan pendekatan dokumentasi. Di sisi lain, informasi yang diperoleh dari tulisan, jurnal, artikel, buku kemudian dianalisis. Dari hasil analisis tersebut, peneliti mendeskripsikan beberapa keterampilan untuk metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk diterapkan pada siswa SD, SMP dan SMA. Efektif adalah mampu mencapai tujuan yang maksimal dari yang diharapkan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata efektif berarti ada efek (akibatnya efek, kesan); Pengertian kata efektif adalah pencapaian tujuan secara tepat atau pemilihan tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan metode dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lain. efisien adalah menghemat tenaga dan biaya waktu, memperoleh hasil yang maksimal tanpa mengeluarkan banyak. "tidak menyia-nyiakan waktu, tenaga, biaya), mampu melaksanakan tugas dengan tepat dan hati-hati, efisien , efisien. Cara pembelajaran yang efektif dan efisien adalah 1) mengatur waktu belajar, 2) memilih tempat belajar, 3) menggunakan sarana dan prasarana belajar, 4) membuat review materi, 5) mengadakan diskusi, 6) dan membuat kesimpulan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan untuk mengubah cara belajar dengan hasil yang maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HJIE

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aims and Scope The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research ...