JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya
Vol 1, No 2 (2019)

SASTRA TRADISIONAL DAN PENGEMBANGANNYA BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH

Sulanjari, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Mata ajar sastra memang merupakan mata ajar yang membingungkan bagi sebagian guru, Bahkan masih banyak yang memandang sebelah mata pada mata ajar ini. Mata ajar sastra harus didudukkan sejajar dengan mata ajar lain. Artinya, mata ajar ini harus memiliki relevansi dengan dunia nyata. Pengajaran sastra harus diupayakan bisa memberikan sumbangan yang besar untuk memecahkan masalah-masalah nyata yang cukup sulit dipecahkan di dalam masyarakat. Sastra tradisional Jawa menurut isinya secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sastra yang berisi kisah dan sastra yang berisi petuah. Dua kekuatan yang dimiliki sastra tradisional ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membina watak peserta didik dengan metode yang bervariasi. Sastra tradisional Jawa yang sering diajarkan di sekolah menengah meliputi puisi bebas (geguritan) dan puisi terikat (sastra gumathok), cerita wayang, cerita rakyat, dan crita cekak. Sebagai contoh kasus dalam strategi pengajaran sastra tradisional ini dipilih pengajaran tembang, khususnya macapat, sebagai bagian dari sastra gumathok. Materi ajar tembang ini cukup representatif untuk melatih empat keterampilan berbahasa. Beberapa strategi yang bisa dimanfaatkan oleh para guru bahasa Jawa di sekolah menengah dalam pembelajaran tembang di antaranya adalah strategi bermain kata dan strategi bermain nada.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jisabda

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jisabda: Jurnal Ilmiah Sastra, Bahasa Daerah, dan Pengajarannya merupakan jurnal ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah berisi tulisan ilmiah tentang Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa serta ...