Social Landscape Journal
Vol 3, No 2 (2022): July

Peran Guru IPS dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19 SMPN 7 Alla

Baharuddin Baharuddin (Universitas Negeri Makassar)
Syarifa Balkis (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMP N 7 ALLA. 2). pengaruh dari peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMPN 7 ALLA Kecamatan Masalle. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari Peran guru (variabel X) DAN Motivasi Belajar (Variabel Y). Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 7 ALLA yang berjumlah 486 siswa dan ditarik menjadi sampel sebanyak 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 1) Gambaran Peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMP N 7 ALLA. Maka data yang disajikan diperoleh dari pengisian angket dengan  butir pernyataan yang menggunakan skala likert dengan alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju, Setuju, nertal, Tidak Setuju dan Sangat Tidak Setuju. Perilaku peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid 19 berada pada kategori “Tinggi”,berdasarkan indikator motivator, pasilitator, adaftasi dan transformasi. 2) Pengaruh dari peran guru terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran daring di masa covid-19 SMPN 7 ALLA berada dalam kategori berada dalam kategori “Tinggi” berdasarkan indikator kebutuhan belajar, sikap, minat, nilai dan aspirasi. Berdasarkan kesimpulan Terdapat pengaruh yang Positif dan signifikan antara peran guru IPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa  dengan kategori kuat. Diketahui hasil data melalui uji korelasi dengan menggunakan SPSS 26

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SLJ

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

Social Landscape Journal (SLJ) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. SLJ menyediakan akses terbuka dengan prinsip bahwa hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini tersedia secara bebas untuk ...