AbstrakPenelitian ini bertolak dari realita anak anak usia Sekolah Dasar yang mengalami stres belajar di tengah pandemi covid 19.Stres dalam belajar adalah perasaan yang dihadapi oleh seseorang ketika terdapat tekanan-tekanan.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik konseling behavioral terhadap anak yang mengalami stres belajar. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui karakteristik anak yang mengalami stres belajar, mengetahui faktor penyebab anak mengalami stres belajar, mengetahui upaya mengatasi anak yang mengalami stres belajar. Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Analisis ini digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami stres belajar akan berpengaruh kepada kesehatan, perilaku, minat dan motivasi belajar. Upaya mengatasi stres belajar pada anak yaitu menggunakan teknik konseling behavioral terbagi atas yaitu latihan Asertif, Desensitisasi sistematis,Pengkondisian aversi danModeling. Kata Kunci : Konseling behavioral, Anak, Stres belajar
Copyrights © 2020