cover
Contact Name
Suryameng
Contact Email
jurnal.duniaanak@gmail.com
Phone
+628565330964
Journal Mail Official
jurnal.duniaanak@gmail.com
Editorial Address
Jln. Pertamina Km. 4 Sintang 78614 Kalimantan Barat, email:lppmpersadakhatulistiwa@yahoo.co.id
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 26214016     DOI : https://doi.org/10.31932
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain baik cetak atau elektronik.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 73 Documents
PENERAPAN TEKNIK KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP ANAK YANG MENGALAMI STRES BELAJAR. Yohanes Berkhmas Mulyadi
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2020): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.356 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v3i1.927

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertolak dari realita anak anak usia Sekolah Dasar yang mengalami stres belajar di tengah pandemi covid 19.Stres dalam belajar adalah perasaan yang dihadapi oleh seseorang ketika terdapat tekanan-tekanan.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik konseling behavioral terhadap anak yang mengalami stres belajar. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui karakteristik anak yang mengalami stres belajar, mengetahui faktor penyebab anak mengalami stres belajar, mengetahui upaya mengatasi anak yang mengalami stres belajar. Jenis penelitian ini berupa studi kepustakaan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Analisis ini digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengalami stres belajar akan berpengaruh kepada kesehatan, perilaku, minat dan motivasi belajar. Upaya mengatasi stres belajar pada anak yaitu menggunakan teknik konseling behavioral terbagi atas yaitu latihan Asertif, Desensitisasi sistematis,Pengkondisian aversi danModeling. Kata Kunci : Konseling behavioral, Anak, Stres belajar
ANALISIS PENANAMAN SPIRITUAL KEAGAMAAN ANAK-ANAK TK SANTA MARIA SINTANG Mulyadi, Yohanes Berkhmas; Semaun, Felix; Normayanti, Nila
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2019): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.12 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v1i1.611

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertolak dari realita spiritual keagamaan anank-anak sangat bergantung pada kebiasaan spiritual keagamaan orang tua atau belum ada kemandirian anak dalam menumbuhkan spiritual keagamaan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penanaman spiritual keagamaan anak-anak Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang. Tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) bentuk penanaman spiritual keagamaan anak-anak Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang, 2) kendala dalam penanaman spiritual keagamaan anak-anak Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang, 3) upaya guru dan orang tua dalam menanamkan  spiritual keagamaan anak-anak Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang. Jenis penellitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah TK Santa Maria Sintang, Para guru TK Santa Maria Sintang, orang tua dari anak-anak TK Santa Maria Sintang. Hasil penelitian menunjukkan penanaman spiritual keagamaan pada anak-anak TK Santa Maria Sintang dilakukan dalam bentuk kebiasaan seperti kebiasaan berdoa di sekolah, di rumah, di tempat ibadah dan kebiasaan bersedekah.Kata kunci : Spiritual Keagamaan, Anak-anak, TK Santa Maria
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEGO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI Kartini Kartini; Indria Susilawati
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2018): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.173 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v1i2.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego, (2) Pengaruh kreativitas antara kelompok anak yang diajarkan dengan media lego dan media konvensional di TK Global Melawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego (Balok, (2) ada pengaruh yang signifikan mengenai kreativitas anak kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Prolehan mean kreativitas eksperimen lebih besar dari pada mean kelompok kontrol yaitu 37,00 > 31,17. Hasil uji-t dan posttest kemampuan kreativitas kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan derajat bebas (df) 34 dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah sebesar 2,032. Nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 2,032 dan nilai p-value 0.000 < taraf signifikansi 0,005Kata Kunci. : Pengaruh, Media Lego, Kreativitas
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI INFORMATION SEARCH DALAM MATA PELAJARAN IPS DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 4 MENSIKU SINTANG –KALIMANTAN BARAT Eliana Yunitha Seran; Jakaria Jakaria
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.31 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v1i1.148

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat dalam IPS akan membantu menjadi tujuan dan hakikat pembelajaran IPS yang sebenarnya. Pembelajaran IPS perlu dikembangkan dengan terus mengupayakan  keseimbangan antara dimensi pengetahuan (Knowledge) dan dimensi yang lainnya yaitu keterampilan (skill),  sikap dan nilai (value and attitude), serta dimensi tindakan (action). Penggunaan strategi pembelajaran information search  dianggap tepat untuk menanamkan  bekal pengetahuan dalam dimensi pengetahuan yang mencakup fakta, konsep, dan generalisasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif deskriptif. Subyek Penelitian adalah siswa kelas rendah di Sekolah Dasar Negeri 4 Mensiku. Alat pengumpulan data lembar observasi dan wawancara. Adapun hasil kegiatan penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan strategi information search dalam pembelajaran IPS di kelas rendah disimpulkan sangat efektif. Aktivitas belajar siswa ditemukan 100% sangat baik. Hal ini didukung oleh adanya tahapan pembelajaran yang Strategi information search  yang memberikan peningkatan kognitif yang disertai dengan proses pembelajaran yang menyenangkan dan gembira bagi siswa. Kata Kunci : Strategi Information Search, IPS Kelas Rendah Sekolah Dasar
POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK TK KELAS A PAUD INGGAR JAYA Yohanes Berkhmas Mulyadi; Sudarto Sudarto; Skolastika Nadanasari
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 1 (2022): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.746 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v5i1.1702

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak TK kelas A PAUD Inggar Jaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah orangtua, guru dan siswa TK kelas A. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri terdiri dari reduksi data, displaydata, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh yang paling dominan yang diterapkan oleh orang tua dengan menggunakan pola asuh demokratis, orang tua mampu meningkatkan  motivasi belajar anak  dengan pola asuh orang tua yaitu sebagai motivator, fasilitator dan mediator. (2) Hambatan pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu kesibukan orangtua karena kesibukan orang tua dalam bekerja menjadi kendala bagi orang tua dalam mengasuh anak. Rata-rata orang tua di desa Inggar Jaya berkerja sebagai buruh tani dan ada juga yang bekerja di kebun sawit, maka dari itu kesibukan ataupun pekerjaan orang tua sangatlah mempengaruhi pola asuh yang cenderung diterapkan oleh orang tua. (3) Upaya mengatasi hambatan pola asuh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan cara orang tua mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak, anak diajarkan untuk belajar secara rutin, tidak hanya belajar saat mendapatkan PR (pekerjaan rumah) atau akan menghadapi ulang. Pentingnya orang tua mengontrol anaknya dalam belajar karena kehadiran orang tua sangat memotivasi belajar anak. Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar Anak 
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION Monika Rahel; Eliana Yunitha Seran; Sudarto sudarto
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.276 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v2i2.760

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan  model Group Investigation pada kelas VB SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir di kelas VB. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data (1) Hasil  observasi aktivitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar  53,28%. Pada siklus II  observasi siswa  sebesar 88,07%. Observasi guru pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 72,33%. Observasi guru pada siklus II  sebesar 92,89%. (2) Hasil belajar siswa dikelas VB yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 55,86%. Pada siklus II  rata-rata hasil belajar siswa mencapai 86,01%. (3) Respon siswa dilihat dari hasil wawancara dapat dikatakan sangat baik karena siswa dapat berinteraksi dengan baik, tertib saat proses pembelajaran, semangat dan terlihat senang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VB SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir tahun pelajaran 2019/2020Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Group Investigation
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTERKELAS III SD TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG Semaun, Felix
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 1 (2019): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.718 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v1i1.607

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertolak dari belum maksimal implementasi kebijakan pendidikan karakter kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang.Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan 1) Bentuk kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 2) Kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek penelitian adalah Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Ketua komite SD Tempunak, Kepala sekolah, guru agama dan guru kelas III SD Tempunak. Hasil penelitian menunjukkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Sintang dan para guruberkomitmen membangun dan mengembangkan karakter positif peserta didik sehingga menjadi  manusia yang mandiri, berkepribadian baik, percaya diri, motivasi, cerdas dan berakhlak. Kata kunci : Kebijakan Pendidikan Karakter, Kelas III, Sekolah Dasar Tempunak
MENUMBUHKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI TK GRAHA MULIA SINTANG Fransiska Fransiska
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.452 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v1i1.281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada siswa/siswi TK Graha Mulia Sintang, (2) cara guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural di TK Graha Mulia Sintang, (3) faktor yang menjadi kendala guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural di TK Graha Mulia Sintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang guru TK Graha Mulia Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini didasarkan pada model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada siswa/siswi TK Graha Mulia Sintang adalah nilai humanisme yang berupa sikap tolerasi, rasa saling menghargai dan memahami perbedaan(2) cara guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah melakukan kegiatan sederhana yang berupa pengalaman konkret dalam kehidupan sehari-hari anak, (3) faktor yang menjadi kendala guru dalam menumbuhkan nilai-nilai pendidikan multikultural adalah masih ada kerangka pikir dan cara pandang yang keliru yang ditanamkan orang tua kepada anak-anaknya.Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Taman Kanak-Kanak.
ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TK SANTA MARIA SINTANG Aprilia Sri Kartini
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 1 (2020): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.779 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v3i1.928

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pengembangan pengenalan angka melalui media gambar pada Taman Kanak-Kanak Santa Maria Sintang. Penelitian ini menggunakan metode interpretative  yaitu menginterpretasikan  dengan cara mengajak anak untuk melihat gambar yang dibawahnya ada tulisan bilangan dan mengajak anak untuk menyebutkan angka  apa saja yang terdapat di bawah gambar,  kemudian menuliskannya pada lembar yang telah disediakan oleh pendidik atau guru. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok  TK Santa Maria Sintang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tabulasai data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui analisis kegiatan pengembangan pengenalan angka, anak-anak TK Santa Maria Sintang mampu mengenal angka dengan lebih cepat.Selain itu semakin cepat belajar hal-hal lain dan mampu berpikir kritis. Pengembangan kemampuan mengenal angka dicapai melalui kemampuan mendengar dan mengucapkan, Hal inipun menjadi dasar yang kuat bagi kemampuan anak untuk berhitung. Kata kunci: Pengenalan Angka, Media Gamba, Anak TK Santa Maria
PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK PAUD PERMATA BANGSA Sarayati Sarayati
DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): DUNIA ANAK
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.702 KB) | DOI: 10.31932/jpaud.v2i2.765

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurang terampilnya anak-anak PAUD Permata Bangsa Kecamatan Dedai dalam berbicara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  metode bermain peran  dalam  menumbuhkan keterampilan berbicara anak PAUD Permata Bangsa. Bentuk penelitian ini adalah  deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah PAUD Permata Bangsa dan Para guru PAUD Permata Bangsa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran sangat efektif dalam menumbuhkan keterampilan berbicara anak usia dini di PAUD Permata Bangsa.Anak-anak lebih antusias, ada interaksi, komunikasi dalam bermain peran.Para guru diharapkan dapat mengefektifkan metode bermain peran ini supaya anak-anak PAUD Permata Bangsa dapat terampil berbicara Kata Kunci: Bermain Peran, Keterampilan berbicara Anak Usia Dini