Abstrak Penelitian ini bertolak dari belum maksimal implementasi kebijakan pendidikan karakter kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang.Tujuan umum penelitian adalah mendeskripsikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan 1) Bentuk kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 2) Kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan karakter di kelas III Sekolah Dasar Tempunak Kabupaten Sintang. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek penelitian adalah Kepala Seksi Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang, Ketua komite SD Tempunak, Kepala sekolah, guru agama dan guru kelas III SD Tempunak. Hasil penelitian menunjukkan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Sintang dan para guruberkomitmen membangun dan mengembangkan karakter positif peserta didik sehingga menjadi manusia yang mandiri, berkepribadian baik, percaya diri, motivasi, cerdas dan berakhlak. Kata kunci : Kebijakan Pendidikan Karakter, Kelas III, Sekolah Dasar Tempunak
Copyrights © 2019