Abstrak. Mitra Program Kemitraan (PKM) ini adalah Guru-guru SMAN 2 Takalar. Masalah mitra adalah 1) kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun RPP berbasis STEAM, 2) sangat terbatas dalam implementasi model pembelajaran yang menstimulasi kemampuan literasi dasar siswa. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pendampingan mitra tentang penyusunan RPP berbasis STEAM. Kegiatan ini diawali dengan penetapan indikator-indikator pencapaian kompetensi atau materi yang dirancang dan pemilihan model pembelajaran yang sesuai. Pendekatan STEAM yang sesuai untuk jenjang SMA dengan kemandirian masing-masing matapelajaran adalah embedded  Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 20 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan guru-guru yang mengerti dan memahami cara menyusun RPP berbasis STEAM yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya para guru di SMAN 2 Takalar Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Literasi, Pendekatan, RPP, STEAM, embedded.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021