Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV

Sherly Mellinia (Unknown)
Erfan Ramadhani (Universitas PGRI Palembang, Palembang, Indonesia)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang, Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas, kelayakan, dan kemanfaatan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik pada Kelas IV Materi bangun Datar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian dan pengembangan dilakukan dalam beberapa tahap dengan menggunakan model penelitian pengembangan 4D. Hasil validitas modul berdasarkan validasi ahli materi 93% dikategorikan sangat valid, ahli bahasa 95% dikategorikan sangat valid, ahli media 92% dikategorikan sangat valid, dan selanjutnya kelayakan berdasarkan penilaian hasil tanggapan guru dengan persentase sebesar 93% dikategorikan sangat layak. Kemudian penilaian kelayakan modul berdasarkan respon siswa dengan total skor penilaian dengan 10 indikator diperoleh hasil persentase sebesar 92% dikategorikan sangat layak. Dengan demikian media pembelajaran Modul Matematika berbasis pendekatan saintifik sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran kelas IV.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...