Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V

Melinda Rantini (Universitas Muhammadiyah Prod Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia)
Erwin Erwin (Universitas Muhammadiyah Prod Dr.Hamka, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara tepat efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif insdie-outside circle dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui pembelajaran IPA kelas V. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan design Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrument tes dengan populasi sebanyak 69 siswa kelas V-A dan V-B. Dari hasil perhitungan pretest menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,10 dan kelas control sebesar 57,33.  Pada hasil perhitungan posttest diperoleh nilai rata-rata kelas control = 57,50 dan kelas eksperimen = 77,07 yang artinya 8,97 lebih besar dari kelas control. Diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis yaitu nilai negative rank dari hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,00 yang artinya terdapat pengaruh, dan pada tes statistic diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan. Hal ini dapat membuktikan keefektivitas penerapan model IOC dalam meningkatkan kemampuan kognitif yang diperoleh dari hasil belajar siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...