Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengaruh Blended Learning dengan model Flipped Classroom berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V

Rahma Rizky Sukma (Unknown)
Yulina Ismiyanti (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung)
Nuhyal Ulia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh blended learning dengan model flipped classroom berbantu media video terhadap hasil belajar kognitif kompetensi IPA kelas V, serta untuk melihat perbedaan hasil belajar kognitif kompetensi IPA antara pembelajaran konvensional dengan blended learning model flipped classroom berbantu media video di kelas V. Riset ini memakai metode kuantitatif Quasi Eksperimental. Sampel penelitian sebanyak 49 siswa dari 55 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes. Data yang diperoleh di analisis menggunakan SPSS 25 dengan uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis (paired sampel t-test dan independent samplet t-test). Hasil penelitian menunjukkan blended learning dengan model flipped classroom berbantuan video dapat menstimulasi pembelajaran bermakna yang berpusat pada siswa melalui kegiatan diskusi kelas. Selain itu, terdapat pengaruh blended learning model flipped classroom berbantu video terhadap hasil belajar kognitif yang signifikan pada kompetensi IPA. Hal tersebut ditengok berdasarkan Sig. t-hitung 0,000 < 0,05 serta lower -27,312 dan upper -18,270 yang negatif. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar di mana Sig. t-hitung 0,002 < 0,05 serta lower -13,651 dan upper -3,109 bernilai negatif. Persentase pencapaian aspek kognitif siswa berbantuan blended learning mampu menumbuhkan semangat siswa sehingga kemampuan kognitif siswa meningkat dari level mengingat (C1) hingga mencipta (C6).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...