Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PAKEM

BASRI, NUSTIAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Peningkatan  Partisipasi  dan  Prestasi  Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui Model PAKEM pada siswa kelas VI SD Negeri 7 Lakudo pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan tiga siklus. Tehnik Pengumpulan Data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar PKn. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman hasil belajar PKn. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dengan prosentasi. Model Pembelajaran aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dikatakan mampu meningkatkan Partisipasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), apabila partisipasi telah mencapai > 80 %, dan dapat meningkatkan prestasi dengan nilai rata-rata ≥ 71,00 atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Penelitian dalam tiga siklus menunjukkan bahwa partisipasi belajar dan prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), pada Siswa Kelas VI SD Negeri 7 Lakudo pada Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Bukti peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat partisipasi belajar. Prestasi belajar pra siklus = 47%, siklus I = 63%, siklus II = 76% dan siklus III = 89%.  Prestasi belajar PKn pra siklus = 64,86; siklus I = 66,97, siklus II = 66,84 dan siklus III = 82,10.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...