KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah
Vol 8, No 1 (2022): KALPATARU: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah

TINJAUAN HISTORIS AKULTURASI BUDAYA DALAM KULINER PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Fatma Dwi Oktaria (Universitas PGRI Palembang)
Muhamad Idris (Universitas PGRI Palembang)
Aan Suriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Kuliner adalah suatu hasil dari karya seni yang dengan mempelajari tentang suatu minuman atau makanan. Maka kuliner yang ada di Palembang memiliki hubungan budaya dengan daerah dan bangsa lainnya yang dijadikan sumber pembelajaran sejarah. Subfokus penelitian: Akulturasi budaya dalam kuliner Palembang. Permasalahan yang ada di dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk akulturasi budaya dalam kuliner Palembang ditinjau dari pendekatan historis untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian: untuk mengetahui bentuk akulturasi budaya yang ada di dalam kuliner Palembang ditinjau dari pendekatan historis dijadikan sebagai untuk sumber pembelajaran di mata pelajaran sejarah. Manfaat penelitian dari tinjauan historis akulturasi budaya dalam kuliner Palembang dapat tersedianya sumber pembelajaran bagi sekolah, siswa, dan guru serta dijadikan referensi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data, menyajikan data, memvalidasi data, dan menyimpulkan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa “Tinjauan Historis Akulturasi Budaya dalam Kuliner Palembang sebagai Sumber Pembejaran Sejarah” memuat isi materi sejarah dan budaya yang sesuai dengan periodesasi sejarah Palembang dari masa Sriwijaya, masa pengaruh Bangsa Arab, Pengaruh Bangsa India, Masa pengaruh bangsa Tiongkok Kesultanan Palembang, Kolonialisme, Masa Penajajahan Jepang, dan masa kontemporer. Materi ini juga memuat mengenai budaya dan sejarah kuliner Palembang yang perpaduan beberapa budaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kalpa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus tentang penelitian dalam pendidikan sejarah, bidang sejarah, sejarah lokal, sejarah nasional dan sejarah global, budaya Indonesia, kearifan lokal dan pendidikan ...