Kebiasaan belajar sangat penting dalam penentuan kemampuan peserta didik juga merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemempuan menjawab soal-soal bangun datar di kelas IV SDN Lampeuneurut Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, sampel seluruh peserta didik kelas IVA yang berjumlah 32 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk mengolah data menggunakan analisis Product Momen. Hasil analisis menunjukkan nilai rxy = 0,65 berarti r 0 maka hubungan linear bersifat positif. Dilihat dari tabel interpretasi korelasi nilai r berada pada rentang 0,600 – 0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontibusi variabel X (kebiasaan belajar) dan variabel Y (kemampuan menjawab soal-soal bangun datar) dengan KP = 42,25% daftar distribusi t didapat thitung ttabel yaitu 4,68 1,697 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menjawab soal-soal bangun datar. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru dan orang tua dapat menghimbau dan membimbing peserta didik dengan sunguh-sungguh agar memiliki kebiasaan belajar yang baik dan dapat meningkatkan prestasi.
Copyrights © 2021