Pembelajaran tematik dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, karena menggabungkan beberapa mata pelajaran dalam satu tema. Untuk itu dalam pembelajaran tematik perlu diterapkan suatu media pembelajaran yang menghubungkan konsep-konsep pembelajaran agar lebih dekat dengan kehidupan siswa. Peneliti mencoba menggunakan big book sebagai media pembelajaran bagi kelas bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media serta menghasilkan suatu produk dan untuk mengetahui kelayakan kualitas produk berupa media big book dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap. Pengumpulan data menggunakan validasi dan angket. Teknik analisis data diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi serta hasil angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase validasi ahli media sebesar 85% dan validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 87,5% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket guru diperoleh persentase sebesar 92,6% dan angket respon siswa sebesar 90,8% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat kualitas produk berupa kelayakan sehingga media big book dapat digunakan untuk media pembelajaran tematik khususnya pada kelas bawah.
Copyrights © 2022