Rendahnya hasil belajar tematik kelas V merupakan hal yang mendorong dalam penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan minat dan motivasi belajar kurang, sehingga membuat siswa kurang aktif. Tujuan yang hendak dicapai adalah mengetahui efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor terhadap hasil belajar subtema 3 Keseimbangan Ekosistem siswa Kelas V SD N Wonolopo 02, dilihat dari hasil belajar dan ketuntasan belajar. Adapun hasil belajar yang diteliti yaitu hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pree-Experimental Design, dengan rancangan One-Group Pre-test-Post-test Design. Teknik yang digunakan yaitu Sampling Jenuh. Teknik tersebut adalah teknik penentuan sampel, bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pretest dan posttes dibuktikan dengan hasil uji t thitung sebesar 5,903018 > ttabel 1,684 pada taraf signifikan 5%, 2) Rata-rata nilai sikap dan keterampilan siswa juga meningkat dengan menggunakan permainan tradisional gobag sodor, 3) Ketuntasan belajar individu dilihat dari nilai posttest lebih baik dari nilai pretest, terdapat 31 siswa tuntas, dan 5 siswa yang belum tuntas. Ketuntasan belajar klasikal mencapai 86,11 %. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional gobag sodor efektif terhadap hasil belajar subtema 3 keseimbangan ekosistem siswa Kelas V SD N Wonolopo 02. Kata Kunci: Permainan Tradisional Gobag Sodor, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Copyrights © 2019